728x90 AdSpace

Latest News

Jumat, 12 Mei 2017

MATERI AJAR: JANGAN IRI HATI (Part 2)

Bagian 2
“JANGAN IRI HATI”
(Kejadian 37:23-36)

Iri hati hanya akan menyebabkan kebencian. Itu sebabnya jangan iri hati! Kakak harap kalian masih ingat pelajaran minggu lalu tentang saudara-saudara Yusuf yang iri kepada Yusuf. Bagaimana perlakuan mereka kepada Yusuf selanjutnya? Yuk, kita belajar bersama-sama. 
Atas perintah dari Yakub, ayah Yusuf ia pergi melihat saudara-saudaranya di tempat penggembalaan. Karena pada waktu itu saudara-saudara Yusuf sedang menggembalakan kambing domba Yakub. 

Yakub atau Israel: Yusuf anakku ... pergilah ke Sikhem, lihatlah saudara-saudaramu di sana. Apakah kondisi mereka baik? Yakub sangat peduli dengan anak-anaknya.
Yusuf: Ya, ayah. Saya akan pergi.

Yusuf anak yang patuh kepada orangtua. Dia pun pergi ke Sikhem. Namun dia tidak menemukan saudara-saudaranya di sana. Yusuf menemukan mereka dan atas informasi dari orang bahwa saudara-saudara Yusuf sedang menggembalakan di Dotan. Yusuf pun pergi ke Dotan. Apa yang terjadi adik-adik, ketika saudara-saudaranya melihat Yusuf? 

Wah sangat disayangkan sekali, mereka masih iri kepada Yusuf. Akibat dari keirian hati itu, mereka berbuat kasar kepada Yusuf, yakni mereka mau membunuhnya. 
Hati-hati dengan iri hati! jika terus dipelihara akan mengarah kepada kebencian. Kebencian akan mengarah kepada tindakan yang jahat.

Atas saran dari Ruben, kakak tertua dari Yusuf, maka mereka tidak jadi membunuh Yusuf. Mereka melemparkannya ke sebuah sumur yanh kering. Setelah itu mereka melihat saudagar-saudagar Median lewat dan mereka pun menjual Yusuf kepada saudagar tersebut seharga dua puluh sikal perak. 

Bagaimana dengan Yakub, apakah yang mereka katakan kepada ayah mereka ?. Adik-adik, kejahatan merupakan sebuah rantai yang panjang. Kini mereka berbohong kepada Yakub tentang Yusuf. Mereka mengambil jubah Yusuf dan menyembelih seekor kambing, lalu mencelupkan jubah itu ke dalam darahnya. Jubah maha indah itu mereka suruh antarkan kepada Yakub (Kej. 37: 3133). Artiya adik-adik, mereka mengarang cerita bohong bahwa Yusuf telah diterkam oleh binatang buas. Padahal mereka sendirilah yang menjual Yusuf. 

Disini kita melihat ada kejahatan yang terus bertambah adik-adik, yakni: dari iri hati yang menimbulkan kebencian. Kebencian yang akan membawa pada tindakan-tindakan yang tidak baik.



Oleh. TSP_The Light Of Life Ministry

MATERI AJAR: JANGAN IRI HATI (Part 2)
  • Title : MATERI AJAR: JANGAN IRI HATI (Part 2)
  • Posted by :
  • Date : Mei 12, 2017
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Top