728x90 AdSpace

Latest News

Rabu, 30 Mei 2018

MATERI AJAR: KABAR BAIK PART 1

KABAR BAIK PART 1


  • Materi tentang Surga

Apakah kamu pernah mendengar cerita tentang surga? (Anak sekolah minggu diwajibkan untuk menjawab pertanyaan ini !)

Kita pasti akan mati, apakah kamu yakin masuk surga? (Anak sekolah minggu diwajibkan untuk menjawab pertanyaan ini !)
Banyak orang yang tidak tahu jawabannya, tentu saja kamu ingin masuk surga bukan?

Jika Allah bertanya: Apa alasan AKU mengijinkan engkau masuk ke surga Ku ? (Anak sekolah minggu diwajibkan untuk menjawab pertanyaan ini !)
Orang berkata: Kita harus taat pada orang tua, rajin berbuat baik, jadi anak pintar, tidak nakal. Tapi kita harus sebaik apa?

Ada kabar terbaik yang kita harus tahu, SURGA adalah HADIAH GRATIS dari ALLAH. Yang namanya hadiah, berarti gartis, tidak perlu membayar apa-apa.

Surga tidak kita peroleh karena kita sudah berbuat baik, seperti: rajin berdoa, rajin beribadah, melakukan perintah Allah, dll. Surga juga tidak kita dapat karena kita layak atau pantas menerimanya. Bukan seperti halnya menjadi anak yang rajin, anak pintar, suaranya bagus, pendiam, tidak nakal, dll. 


  • Materi tentang Dosa

Tapi semua orang tidak dapat masuk surga. Apakah yang menghalangi kita untuk masuk surga? D-O-S-A. Semua manusia di dunia ini, termasuk kita adalah orang-orang berdosa. Dosa adalah tidak taat terhadap perintah Allah. Seperti marah, bertengkar, mencontek, kata kotor, bohong, malas, dll. Dosa termasuk bisa melakukan kebaikan seperti menilong orang tua, bantu teman, ibadah, dan lainya, tapi tidak dilakukan.

Dosa sudah mengikat sehingga kita cendrung untuk berbuat dosa. Dengan dosa sebanyak ini (Ada dosa sombong, menyontek, berkelahi, berbohong, memfitnah, iri hati, mencuri, marah, dll), kita tidak dapat menyalamatkan diri sendiiri untuk masuk surga. 


Ilustrasi:
Seperti orang yang tenggelam dalam lumpur hisap. Kita tidak mungkin menarik rambut kita untuk mengangkat tubuh kita bukan? artinya orang berdosa tidak dapat menyelamatkan diri sendiri. 

  • Materi tentang Allah

Sebab hidup kita tidak seperti timbangan, asal kebaikan kita lebih banyak dari dosa kita, maka kita bisa masuk surga. Mengapa? Karena untuk masuk surga Allah menuntut kita harus SEMPURNA, artinya kita tidak boleh melanggar satupun perintah Allah dan tidak boleh ada satupun dosa dalam hidup kita. 


Ilustrasi:
Tidak mungkin kita menyajikan kue dari: gula, mentega, tepung dan dari tepung dan dari 9 telur yang terbaik tetapi tercampur dengan 1 telur yang busuk. Karena meskipun satu telur yang busuk, akan mencemari semua adonan yang baik. Jadi 1 dosa saja, sudah mencemari semua kebaikan kita dan membuat kitatidak dapat masuk surga, tetapi Allah dapat menyelamatkan kita. Mari kita melihat cara Allah.

Allah tidak seperti kakek yang baik hanya mengasihi tapi tidak menghukum kita yang berdosa. Tetapi Allah juga tidak seperti polisi yang adil, hanya menghukum tapi tidak mau mengampuni kita yang berdosa. Yang benar, Allah kita adalah Allah yang kasih sekaligus adil. Kasih artinya tidak ingin menghukum, tetapi adil artinya harus menghukum manusia berdosa. Dan orang berdosa hukumannya adalah maut artinya disiksa selamanya di neraka.


  • Materi tentang Yesus

Apakah kamu melihat masalahnya? Bagaimana Kasih dan Keadilan Allah dapat bertemu? Ada sebuah cerita: Shamila seorang pahlawan yang bijaksana. 


Ilustrasi:
Suatu malam pengawalnya melaporkan bahwa ada yang mencuri makanan, shamila pada saat itu marah, oleh sebab itu diumumkannya kepada siapapun yang tertangkap mencuri akan dicambuki 50 x dimuka umum. Ternyata yang mencuri tidak lain tidak bukan adalah ibunya Shamila sendiri. Shamila tentu mengasihi ibunya dan tidak ingin menghukum ibunya tetapi sebagai pemimpin yang adil maka Shamila harus menghukum. Shamila menghadapi masalah yang besar. Namun sebagai pahlawan yang bijaksana dia mengambil tindakan yang mengejutkan semua orang. Shamila melepaskan jubah kebesarannya dan memrintahkan pengawal untuk mencambuk dirinya sebagai ganti kesalahan ibunya. Hanya dengan cara mengorbankan dirinya inilah keadailan Shamila dapat ditegakkan sekaligus kasih kepada ibunya telah dibuktikan. Hukuman sudah dijalani dan Shamila sendiri yang menjalaninya. 
Demikian cara Allah menyelamatkan kita yaitu Allah mempertemukan KASIH dan KEADILANNYA melalui pengurbanan Tuhan Yesus Kristus. Yesus adalah Allah yang menjadi manusia yang kita peringati kelahirannya di hari Natal, Yesus hidup dengan sempurna, tanpa dosa. Bhakan mati di kayu salib menggantikan dosa kita. Yesus dikuburkan, tapi karena Yesus adalah Allah maka Dia bangkit naik ke SURGA dan Yesus menawarkan SURGA sebagai hadiah GRATIS dari ALLAH dan SURGA itu  hanya kita dapat dengan IMAN. 

Bersambung...
Untuk melanjutkan lihat materi ajar: Kabar Baik PART 2. Tuhan Yesus Memberkati

VIDEO MATERI KABAR BAIK
JANGAN LUPA KUNJUNGI CHANNEL YOUTUBE KAMI

MATERI AJAR: KABAR BAIK PART 1
  • Title : MATERI AJAR: KABAR BAIK PART 1
  • Posted by :
  • Date : Mei 30, 2018
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Top